4 Keluhan Umum yang Terjadi Ketika Asam Lambung Naik

By | 30 Oktober 2018

Ketika sudah mengalami penyakit maag, maka akan memiliki risiko mengalami asam lambung naik. Ketika telah mengalami masalah ini, maka aktivitas pun akan terganggu. Penyakit asam lambung ini bisa dialami oleh siapa saja dengan keluhan umum sebagai berikut.

  1. Sering Begah dan Kembung

Keluhan yang sering terjadi ketika asam lambung naik dengan adanya rasa begah dan kembung setelah makan dalam porsi besar. Kamu bisa menghindari terjadinya keluhan ini dengan mengurangi konsumsi makanan berlemak dan makan karbohidrat dengan jumlah banyak.

  1. Dada Terasa Panas

Kamu bisa saja mengalami keluhan dengan naiknya asam lambung sampai ke dada. Hal ini akan membuat kamu merasa panas di bagian dada dengan tingkat nyeri yang berbeda pada setiap orang. Keluhan ini bisa terjadi hingga berjam-jam dan akan semakin memburuk setelah kamu selesai makan.

  1. Kesulitan Menelan

Keluhan asam lambung naik yang umum terjadi juga adalah kesulitan menelan makanan saat sedang makan. Hal ini terjadi karena adanya penyempitan pada bagian esofagus. Kamu akan merasa makanan tersangkut di bagian kerongkongan. Bahkan kamu bisa juga mengalami rasa nyeri ketika menelan makanan.

  1. Sendawa, Cegukan, dan Mual

Ketika terasa perut dalam kondisi tidak enak karena asam lambung yang naik, kamu akan mengalami keluhan dengan adanya sendawa, cegukan, dan mual. Aroma yang dikeluarkan akan terasa tidak enak dan kamu bisa mengetahuinya dengan mudah sedang dalam kondisi asam lambung yang naik.

Masalah asam lambung akan terhindar jika kamu melakukan pola hidup yang sehat. Makan tepat pada waktunya merupakan salah satu upaya mencegah kondisi asam lambung naik. Kamu bisa menerapkannya dari sekarang sebelum menderita penyakit maag.

Sumber kami https://kesehatanmu.info/