4 Tanda Terjadinya Alergi Susu Sapi pada Anak-Anak

By | 20 November 2018

Anak-anak memiliki pencernaan yang akan merespon dengan cepat jika mengalami alergi susu sapi. Kamu bisa mengetahuinya dengan mudah. Beikut ini tanda-tanda yang akan dialami anak-anak ketika alergi pada susu sapi.

  1. Muntah

Tanda yang pertama kali muncul adalah anak akan mengalami muntah setelah mengonsumsi susu sapi. Tidak hanya sekali tetapi muntah selalu terjadi setiap selesai minum susu. Muntah yang keluar adalah berisi susu yang sudah diminum tadinya.

  1. Mengalami Ruam

Tanda yang muncul lainnya ketika anak mengalami alergi susu sapi dengan terjadinya ruam yang disertai bengkak dan gatal.  Tanda ruam ini sering terjadi di daerah sekitar mulut anak-anak. Kondisi ini akan mengganggu anak-anak untuk makan. Perhatikan dengan jelas sebelum memutuskan ruam atau sariawan.

  1. Masalah Perut

Tanda yang terjadi berikutnya adalah anak kamu akan mengeluh mengalami kram pada bagian perut. Kram tersebut terjadi secara berlanjut. Setelah kram, anak akan mengalami diare. Jika kondisi semakin parah maka anak akan mengalami mencret yang sudah ada darahnya. Beberapa kondisi anak bisa saja mengalami kolik yaitu terasa nyeri pada bagian perutnya.

  1. Anafilaksis

Tanda anak mengalami alergi berikutnya yaitu terjadinya anafilaksis. Gejala yang terjadi dimulai dengan anak akan mengalami susah bernapas setelah mengonsumsi susu sapi. Susah napas terjadi karena alergi menyumbat dan menghalangi saluran pernapasan. Tanda alergi ini akan berisiko buruk jika tidak segera diatasi dengan menyuntikkan obat epinefrin ke anak.

Kamu harus jeli dan memahami tanda-tanda alergi susu sapi yang dialami anak. Risikonya akan fatal jika tidak dihiraukan. Ganti susu yang digunakan dengan susu kedelai sebagai solusi agar anak tidak mengalami kekurangan nutrisi.

Artikel lain,  Cara Menghilangkan Karang Gigi dalam Berbagai Kasus