Backpacker ke Surabaya? Jangan Lupa Ikut Tur Surabaya Heritage Track

By | 21 November 2018

Liburan ala backpacker memang solusi hemat saat wisata ke Surabaya. Untuk menghemat bujet selama backpacker, beberapa hal bisa dilakukan. Anda dapat mencari tiket pesawat murah ke Surabaya dan juga penginapan berharga terjangkau. Anda juga bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata menarik dengan harga tiket masuk terjangkau, bahkan gratis.

Di Surabaya, ada sebuah program wisata menarik yang wajib dimanfaatkan para backpacker. Namanya Tur Surabaya Heritage Track. Nah, ingin tahu lebih jauh tentang tur Surabaya Heritage Track? Yuk simakn ulasan berikut ini.

Tentang Surabaya Heritage Track

gambar dari detik.com

Surabaya Heritage Track merupakan sebuah program wisata yang diadakan oleh House of Sampoerna. Tur ini mengajak para pengunjung berkeliling wilayah Surabaya Utara yang didominasi objek wisata bersejarah dengan sebuah bus merah mirip trem. Bus ini berkapasitas sekitar 20 orang.

Model tur Surabaya Heritage Track adalah hop on hop off (HOHO). Selama tur, bus akan berhenti di beberapa lokasi yang telah ditentukan. Selama kunjungan singkat ini, Anda akan menerima penjelasan tentang sejarah dari tempat-tempat tersebut dari seorang pemandu. Penjelasan tersebut disampaikan dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Setiap hari, tur diadakan tiga kali pada jam dan dengan tema berbeda. Tema ini akan menentukan tempat wisata sejarah yang akan dituju. Masing-masing perjalanan biasanya memakan waktu 1-1,5 jam. Surabaya Heritage Track terbuka untuk siapa pun tanpa dipungut biaya sama sekali.

Jadwal dan Tema Surabaya Heritage Track

gambar dari Mongabay

Apabila Anda tertarik berkeliling Surabaya Lama dengan tur Surabaya Heritage Track, perhatikan jadwal dan tema hari tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mengikuti tur yang diinginkan.

Untuk hari Selasa-Kamis, tur dibagi menjadi tiga tema: Surabaya – Kota Pahlawan (10.00-11.00); Surabaya – Kota Niaga (13.00-14.00); dan Surabaya selama Penjajahan Belanda (15.00-16.30). Di akhir pekan, jadwal tur memiliki tema: Keliling Surabaya (10.00-11.00); Surabaya – Kota Pahlawan (13.00-14.00); dan Babad Surabaya (15.00-16.30). Khusus untuk hari Senin, tur ini ditiadakan. Perjalanan tur akan dimulai dari dan berakhir di House of Sampoerna.

Setelah tur selesai, Anda dapat mengunjungi beberapa lokasi di area House of Sampoerna. Membeli oleh-oleh, melihat-lihat koleksi museum dan galeri, atau beristirahat sejenak sambil menikmati minuman di kafe bisa jadi pilihan. Nah, di hari kerja, Anda bahkan bisa melihat proses pembuatan rokok di Museum Sampoerna.

Hal yang Harus Anda Perhatikan

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan selama mengikuti Surabaya Heritage Track. Simak penjelasan singkat berikut.

  1. Jika ingin ikut tur gratis ini, Anda disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu.
  2. Anda harus berada di House of Sampoerna 30 menit sebelum keberangkatan tur.
  3. Anda disarankan untuk memakai topi dan membawa minuman.
  4. Anda tidak boleh mengonsumsi makanan atau minuman di dalam bus.

Nah, itu tadi beberapa hal yang perlu Anda tahu jika berencana mengikuti tur Surabaya Heritage Track. Wisata yang sempurna untuk para backpacker, kan? Jika Anda tertarik dengan wisata unik yang hanya ada di Surabaya, segera rencanakan perjalanan Anda ke Surabaya. Untuk rekomendasi tiket pesawat murah ke kota ini, Anda dapat mencari tiket pesawat Lion Air yang dijual oleh aplikasi maupun website Airy loh. Nah, selamat liburan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *