Ciri-Ciri Planet Venus, Si Kembaran Bumi

By | 3 Desember 2018

Venus merupakan planet kedua setelah Merkurius dalam urutan tata surya. Planet yang terbilang cukup panas serta menjadi objek tercerah jika dilihat dari Bumi ini mengelilingi matahari selama kurang lebih 224 hari. Ciri-ciri planet yang satu ini yaitu tidak mempunyai satelit sama sekali dengan jarak antara Venus dengan Matahari sekitar 180 juta km.

Kembaran Bumi

Gambar dari grid.id

Planet cantik ini bisa dikatakan sebagai kembaran dari Bumi karena ukuran gravitasi serta komposisi  didalamnya hampir sama seperti Bumi. Namun uniknya, planet yang satu ini berotasi mengelilingi Matahari  berlawanan arah jarum jam, sedangkan planet yang lainya berotasi searah jarum jam.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa atmosfer yang dimiliki oleh Venus miliaran tahun silam lebih mirip atmosfer Bumi jika dibandingkan dengan atmosfer venus saat ini. Permukaan planet ini sebagian besar terbentuk dikarenakan aktifitas vulkanik. Tak heran apabila terdapat gunung berapi yang sangat banyak yang lebarnya mencapai hingga 100 km.

Ciri-Ciri Planet Venus

  1. Terdapatnya awan yang sangat banyak dan mengandung 96,5 % karbondioksida dan 3,5 % Nitrogen.
  2. Karena hanya berisi uap air yang sangat sedikit, maka Venus merupakan planet yang sangat kering.
  3. Planet Venus mempunyai lapisan sulfur yang cukup tebal sehingga dapat menyebabkan terjadinya hujan asam.
  4. Memiliki diameter kurang lebih 12.092 km.
  5. Karena diselimuti oleh awan yang sangat tebal, Venus tidak dapat dilihat dari luar angkasa.

Itulah cici-ciri planet Venus sebagai salah satu planet yang mirip dengan Bumi. Di samping memiliki ukuran yang hampir sama dengan Bumi, planet ini juga menjadi benda paling terang saat dilihat dari Bumi. Bedanya planet yang satu ini memiliki perbedaan arah rotasi dengan Bumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *