5 Teknologi Mobil Balap yang Disematkan pada Mobil Harian

By | 19 Juni 2019

Mungkin Anda memiliki anggapan bahwa teknologi yang ada di mobil balap berbeda dengan mobil yang digunakan harian atau mobil konvensional. Padahal, sebenarnya ada banyak teknologi yang berasal dari mobil tersebut disematkan pada mobil biasa. Tak percaya? Ini nih berbagai teknologi yang disematkan ke mobil biasa.

5-Teknologi-Mobil-Balap-yang-Disematkan-pada-Mobil-Harian

1. Paddle Shift

Salah satu teknologi mobil untuk balap yang disematkan pada mobil harian adalah paddle shift. Anda pasti sering mendengar frasa sensasi berkendara sporty, kan? Nah, frasa ini biasanya digunakan untuk fitur paddle shift yang dimiliki sebuah mobil. Teknologi ini sendiri adalah tuas yang terletak di bagian lingkar kemudia seperti yang ada pada mobil Formula 1.

Namun, tentu saja penampakan paddle shift yang ada pada mobil untuk balapan dan mobil konvensional agak berbeda bentuknya. Paddle shift yang ada di mobil untuk balap memiliki posisi yang lebih mudah digerakan tanpa banyak gerakan.

2. ERS

Teknologi lain yang disematkan pada mobil harian adalah ERS. Fitur ini merupakan motor elektrik yang bisa digunakan untuk memaksimalkan energi kinetik lalu menyimpannya menjadi energi listrik dan diubah lagi menjadi tenaga gerak. Apa tujuan disematkannya teknologi ERS pada mobil konvensional ini?

Salah satu tujuannya adalah untuk efisiensi bahan bakar. Sistem ini jauh lebih baik dibandingkan fitur yang ada pada mesin hibrida yang bisa membuat energi panas diserap maksimal dan dikonvensiokan menjadi tenaga listrik.

3. Aerodinamika

Hampir semua mobil konvensional yang dijual di pasaran saat ini sudah memiliki fitur aerodinamik. Dengan adanya fitur ini, Anda bisa menggerakkan mobil jadi lebih cepat dan bebas hambatan dari udara yang dihantam mobil ketika berjalan. Perkembangan fitur aerodinamik di dunia balap saat ini nyaris sama dengan yang ada di mobil jalanan.

Mobil balap dan mobil konvensional yang menggunakan fitur ini sama-sama lebih ringan dalam koefisien drag, peningkatan downforce juga lebih bagus. Tentu saja, tingkat kestabilan kendaraan tersebut juga jadi lebih baik.

4. Teknologi Ban

Teknologi lainnya adalah teknologi ban. Ban yang beredar di pasaran saat ini bisa dikatakan memiliki ketahanan yang bagus dan sama dengan yang digunakan pada balapan mobil F1. Ban yang digunakan adalah ban yang berbahan karet lembut yang bisa menjadi sangat menempel di jalanan dan membuat mobil melintas lebih baik.

Hanya saja, kekurangan dari ban berteknologi yang diadaptasi dari mobil balapan ini adalah lebih cepat aus. Ban memiliki umur yang jauh lebih singkat dan akan lebih sering diganti. Namun, tentunya ini sesuai dengan jarak yang Anda tempuh setiap  harinya menggunakan mobil tersebut, ya!

5. DOHC

Istilah DOHC pastinya tak asing lagi di telinga Anda. DOHC ini mengacu pada jumlah overhead camshaft dalam mesin. Adanya DOHC ini bisa menambah masa ke mesin dan dapat membatasi kecepatannya secara keseluruhan.

DOHC ini sendiri diadaptasi pad amesin mobil dan muncul pertama kali pada awal tahun 1900-an di dunia balap. Sedangkan untuk adaptasi ke mobil harian, masih belum terlalu lama. Jenis mesin ini juga jadi favorit dan paling populer hingga saat ini.

Itulah berbagai teknologi pada mobil balap yang diadaptasi ke mobil harian. Mungkin Anda tak sadar selama ini dengan semua teknologi tersebut. Ada banyak mobil di pasaran yang sudah mengadopsinya. Tak hanya beberapa teknologi di atas saja, masih banyak teknologi lain dari mobil untuk balap ke mobil harian.