Wisata Kuliner Makassar? Coba 5 Makanan Spesial Ini!

By | 19 Juni 2019

Jika datang ke suatu tempat, rasanya tidak sempurna jika itu bukan wisata kuliner. Nah, jika Anda mampir ke Makassar, tidak ada salahnya mencoba wisata kuliner Makassar. Ada banyak makanan spesial yang bisa Anda coba di sini. Harganya relatif terjangkau. Makanan apa ini dan di mana Anda bisa menemukannya? Lihat di sini!

Coto Makassar

Makanan khas pertama dari Makassar yang bisa Anda coba adalah Coto Makassar. Makanan yang satu ini dibuat dengan banyak rempah-rempah yang membuatnya terasa sangat renyah. Jika Anda tertarik untuk menikmati destinasi kuliner yang satu ini, Anda bisa datang ke Jl. Nusantara Baru No 142, Ende, Wajo, Makassar.

Di sini, jual makanan khas Makassar ini dengan harga yang relatif terjangkau, hanya Rp 15.000 per porsi. Hidangan Coto Makasaar di sini memiliki saus kental dan daging besar dan bawang putih ekstra dan bawang goreng lezat. Jika Anda ingin datang ke sini, datanglah setiap hari dari jam 6:30 pagi sampai 6:00 malam.

Konro

Jika Anda berwisata ke Makassar, itu juga tidak sempurna jika Anda belum menikmati konro. Ini juga merupakan makanan khusus yang bisa Anda temukan di kota Selayar ini. Makanan ini terdiri dari iga dan daging sapi rebus menggunakan kayu manis, asam, dan berbagai bahan lainnya yang tentunya menggoyang lidah.

Jika Anda tertarik untuk mencicipinya, salah satu tempat yang bisa dikunjungi adalah Konro Karebosi di Jl. Gunung Lompo Battang No. 41 hingga 43, Pisang Utara, Ujung Pandang, Makassar. Karena popularitas tempat ini, banyak selebriti hingga tokoh publik sering berkunjung. Apalagi harganya juga cukup terjangkau, hanya Rp30.000 per sajian.

Sup Anda

Masakan khas Indonesia dan datang dari Makassar selanjutnya adalah sup Anda. Sebenarnya, makanan ini berasal dari Pangkep, tetapi lebih dikenal sebagai makanan khas dari Makassar. Makanan yang satu ini terdiri dari campuran daging sapi yang dicampur dengan mie beras dan adonan kentang yang telah dikeringkan kering.

Artikel lain,  Resep Lezat Kue Srikaya untuk Menu Kuliner Spesial

Selain itu, ditambah dengan paru-paru sapi goreng dan nasi putih. Jika Anda berniat mencicipi makanan yang satu ini, Anda bisa datang ke Jl. Dokter Wahidin Sudiro Husodo No 40, Pattunuang, Wajo, Makassar. Harga per sajian makanan ini cukup terjangkau. Hanya Rp 15.000, dan Anda bisa mengunjungi tempat ini 24 jam sehari.

Pallubasa

Makanan khas Makassar lainnya yang bisa Anda coba adalah Pallubasa. Sekilas, makanan yang satu ini mirip dengan Coto Makassar. Makanan ini terbuat dari jeroan sapi atau kerbau dan penyajiannya sama. Yang membedakan keduanya adalah menu pendamping dari dua jenis makanan tersebut.

Jika Coto Makassar dimakan dengan ketupat atau lontong, Pallubasa dimakan dengan nasi. Selain itu, bumbunya juga sedikit berbeda. Jika Anda berniat untuk mencicipinya, datang saja ke Pallubasa Serigala di Jl. Serigala, Mamajang Dalam, Mamajang, Makassar. Harga makanan ini hanya dibanderol sekitar Rp13.000 hingga Rp15.000.

Burasa

Disajikan seperti kue beras, makanan yang satu ini harus Anda coba jika Anda pergi ke Makassar. Makanan yang satu ini terbuat dari nasi yang dibungkus daun pisang muda. Burasa disajikan dengan taburan kelapa kering, garam, gula, dan cabai. Anda bisa datang ke Bakso 33 Makassar di Jl. Bete-Bete, Barana, Makassar untuk mencobanya.

Selain beberapa jenis makanan di atas, sebenarnya ada banyak makanan khusus lain yang bisa Anda coba saat berwisata kuliner di Makassar. Misalnya, ada Gogoso, Butung Es Palu, Epe Pisang, Barongko dan banyak lagi. Kehilangan jika Anda datang ke sini tetapi jangan mencoba semua makanan! Ya, setidaknya mencicipi salah satunya tidak masalah.