Tahap Perkembangan Janin Selama Dalam Kandungan Ibu

By | 23 Juni 2019

Perkembangan janin di dalam rahim akan berjalan lancar, jika ibu yang sedang mengandungnya mengasihinya dengan baik. Ketercukupan nutrisi serta pola hidup yang sehat, merupakan pendukung tumbuh kembang janin tersebut menjadi maksimal. Jika semua aspek ini bisa terpenuhi, maka janin yang dikandung akan berkembang dengan normal, sesuai dengan tahapan usianya.

tahap-perkembangan-janin

Janin yang Berusia 1 Bulan

Pada saat berumur 1 bulan, beberapa organ penting yang akan menyokong hidup janin mulai terbentuk. Organ tersebut meliputi jantung, paru-paru, lengan, kaki, otak, sumsum tulang belakang, dan syarafnya. Selain itu sel darah juga mulai terbentuk dan sirkulasinya pun mulai terjadi. Jantung janin Anda akan berdetak 65 kali setiap menitnya di akhir bulan pertama usianya.   

Janin yang Berusia 2 Bulan

Memasuki bulan kedua, rupa wajah janin mulai terbentuk. Janin sudah mulai memiliki telinga, jari, dan kuku di setiap lengan dan kakinya. Bagian paling besar pada janin di saat ini adalah bagian kepalanya. Tulang, saluran pencernaan, dan setiap pancaindranya pun sudah mulai terbentuk di tahap usia ini. Ukuran janin yang Anda kandung di tahap usianya ini adalah sebesar kacang merah.    

Janin yang Berusia 3 Bulan

Memasuki usia 3 bulan, organ seperti lengan, kaki, jari dan kuku pada janin sudah terbentuk dengan sempurna. Janin Anda sudah bisa menutup dan membuka mulut, serta genggaman tangannya. Namun di tahap usia ini, masih susah untuk menentukan jenis kelamin dari janin yang Anda kandung. Janin di usia ini memiliki ukuran yang kira-kira seukuran dengan jeruk nipis.

Janin yang Berusia 4 Bulan

Janin yang berusia 4 bulan biasanya sudah mulai bisa Anda dengar detak jantungnya dengan baik. Rupa wajahnya pun semakin kentara, karena alis, kelopak mata, bulu mata, dan rambutnya sudah mulai tumbuh. Pada tahap usia ini, janin yang Anda kandung sudah bisa mengisap jempolnya sendiri. Ukuran bayi di tahap usianya yang ke 4 bulan ini adalah sebesar buah alpukat. 

Janin yang Berusia 5 Bulan

Perkembangan janin di usia 5 bulan, akan sangat kentara Anda rasakan. Pada tahap usia ini, janin sudah mulai aktif bergerak di dalam rahim Anda. Pergerakan ini disebabkan karena otot-otot yang dimiliki oleh janin Anda sedang terbentuk. Kulitnya dipenuhi vernix caseosa, yang berguna untuk melindungi kulit janin dari cairan plasenta. Ukuran janin saat ini sama dengan buah pisang.

Janin yang Berusia 6 Bulan

Memasuki usia 6 bulan, warna kulit janin sudah berubah menjadi kemerahan, disertai dengan keriput di permukaannya. Mata bayi sudah mulai bisa membuka dengan baik. Pada saat ini, janin akan aktif merespons suara yang didengarnya. Respons janin ini bisa terasa dari gerakannya atau detak jantungnya yang mengalami peningkatan. Ukuran janin di usia ini seperti jagung.

Janin yang Berusia 7 Bulan

Dua bulan sebelum kelahirannya, lemak di tubuh janin mulai terbentuk. Pada tahap usia inilah, organ pendengaran bayi sudah terbentuk dengan sempurna. Rasa sakit, suara, dan cahaya merupakan tiga hal yang bisa merangsang pergerakan bayi. Cairan ketuban yang melindunginya pun sedikit demi sedikit mulai berkurang. Kira-kira ukuran janin di usia ini adalah sebesar waluh.

Janin yang Berusia 8 Bulan

Janin yang berusia 8 bulan akan semakin aktif bergerak dalam kandungan. Frekuensi tendangan janin di tahap usia ini akan terasa meningkat. Otak janin berkembang sangat pesat di 8 bulan usianya ini, dia sudah bisa mendengar dan melihat dengan baik. Organ dan sistem dalam tubuhnya pun sudah terbentuk dengan baik. Kira-kira, ukuran janin Anda sudah sebesar buah nanas saat ini.   

Janin yang Berusia 9 Bulan

Pada bulan terakhir kehamilan, paru-paru janin sudah terbentuk dengan sempurna. Janin sudah bisa berkedip, memejamkan mata, dan menggelengkan kepalanya. Pergerakan bayi mungkin sedikit terasa berkurang, karena sempitnya ruang untuknya bergerak. Kepalanya sudah mulai mencari jalan lahir. Ukuran janin di bulan terakhirnya dalam rahim ini adalah sebesar semangka. 

Itulah tadi tahapan perkembangan janin dari bulan awal hingga bulan terakhir kehamilan. Semua perkembangan ini tentu hanya akan dirasakan, jika Anda menjaga kehamilan Anda dengan baik. Ingat juga bahwa masa emas pertumbuhan bayi, dimulai sejak dia masih dalam kandungan. Jadi, jangan ragu untuk memberikan perhatian ekstra pada janin yang sedang Anda kandung.