Waspadalah! Hindari Kesalahan Umum Saat Kredit Motor

By | 23 Juni 2019

Kendaraan pribadi semakin dibutuhkan untuk mengakses transportasi . Kepemilikan motor pribadi ini tentu membutuhkan dana lebih. Sistem kredit motor bisa jadi solusinya. Anda berkesempatan mendapatkan motor lebih mudah yaitu bisa diangsur, sehingga bisa lebih lama. Meski demikian, Anda harus cermat dengan menghindari beberapa kesalahan kredit yang umumnya dilakukan.

kesalahan-umum-saat-kredit-motor

Tidak Membedakan Kebutuhan dan Keinginan

Di samping digunakan untuk mengakses transportasi dengan lebih nyaman, kepemilikan motor secara pribadi juga mengikuti tren. Banyak juga tipe motor terbaru yang menarik. Jadi, minat masyarakat terhadap motor dilatarbelakangi oleh kedua hal, yaitu bisa karena kebutuhan ataupun keinginan. Jika pembeliannya secara kredit, maka seharusnya Anda mengutamakan kebutuhan.

Penentuan pembelian motor berdasarkan kebutuhan tentu akan mengefektifkan pemakaian dana, terlebih dana pinjaman karena beli motor dengan cara kredit. Anda dapat mengajukan pinjaman yang lebih sesuai kemampuan jika hanya mengutamakan kebutuhan dan selera, bukan keinginan yang tentu tidak berbatas.

Akan tetapi, kesalahan yang sering dilakukan orang adalah mengutamakan keinginan, sehingga bisa jadi motornya lebih mahal dan biaya kreditnya lebih tinggi. Agar tidak kesulitan dalam mengangsur, lebih baik mengutamakan kebutuhan terlebih dahulu.

Tidak Mencermati Kondisi Finansial

Beli motor dengan cara kredit merupakan solusi pemenuhan kebutuhan motor yang efektif ketika sesuai dengan kemampuan finansial. Jika tidak, maka justru akan menjadi beban finansial yang berlangsung terus menerus selama belum melunasi motor tersebut beserta dengan biaya kreditnya.

Beban finansial karena ketidaksesuaian kredit tersebut disebabkan tidak mencermati kondisi finansial. Hal ini harus dihindari demi agar tidak terjerat utang. Kondisi finansial juga akan tetap stabil karena kesesuaian pemakaian dana. Jika akan kredit, Anda juga harus memikirkan biaya lainnya.

Tidak Melakukan Survei

Survei sangat diperlukan agar mendapatkan hal yang terbaik. Dalam pembelian suatu produk, sudah seharusnya Anda melakukannya demi mendapatkan produk yang benar-benar sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial, terlebih jika pembelian dilakukan secara kredit.

Jika pembelian motor dilakukan secara kredit, Anda justru lebih giat melakukan survei mengenai dealer motor untuk memastikan kualitas produk dan layanan. Pasalnya, pembelian kredit akan lebih berisiko ada biaya tambahan yang akan sia-sia jika salah pilih produk ataupun layanan.

Akan tetapi, hal yang penting ini seringkali terlupakan bagi sebagian besar orang. Anda harus menghindarinya demi mendapatkan pelayanan terbaik dari penyedia produk yang berkualitas. Pilihlah produk yang berkualitas dengan harga jual sesuai harga pasar di dealer yang terpercaya.

Penentuan Jangka Waktu yang Tidak Tepat

Kesalahan berikutnya yang sering terjadi saat kredit motor adalah menggunakan jangka waktu yang tidak tepat. Hal ini akan berpengaruh pada kesempatan pembayaran angsuran yaitu jadi lebih singkat. Oleh karena itu, Anda harus menentukan jangka waktu yang tepat sesuai dengan kemampuan finansial agar mampu melunasi kredit tepat waktu.

Tidak Melengkapi Persyaratan

Persyaratan kredit juga harus diperhatikan. akan tetapi, tidak melengkapi persyaratan adalah kesalahan yang sering dilakukan. Hal itu juga yang terjadi dalam pembelian motor secara kredit. tidak sedikit yang mengabaikan kelengkapan persyaratan kredit yang tentu akan menghambat verifikasi pengajuan kredit. Anda harus menghindari kesalahan ini agar prosesnya lancar.

Tidak Menggunakan Asuransi

Asuransi adalah salah satu perlindungan risiko kredit. Jadi, terdapat biaya yang bisa diklaim ketika Anda berhalangan melunasi kredit karena sudah terjadi risiko. Biaya tersebut diperoleh dari pembayaran premi asuransi yang Anda bayarkan. Meski demikian, banyak pihak tidak menggunakan asuransi saat kredit.

Mengabaikan Pembayaran Angsuran Tepat Waktu

Pembayaran tepat waktu adalah upaya menghindari denda. Akan tetapi, banyak pihak malas melakukannya. Ketidakdisiplinan ini sangat salah. Justru dengan membayar angsuran tepat waktu, beban akan segera berkurang dan tanpa terkena denda.

Kredit motor bisa saja Anda lakukan dengan memilih motor sesuai dengan kebutuhan dan selera. Akan tetapi, berbagai kesalahan yang menyebabkan risiko kredit harus dihindari. Dengan memperhatikan informasi di atas, Anda dapat mengetahui kesalahan yang harus dihindari. Sistem kredit akan benar-benar aman dan lancar jika setiap kesalahan di atas dihindari.