Berapa Kali Harus Mengganti Pembalut Pada Saat Sedang Haid

By | 9 Juli 2019

Setiap bulannya wanita akan mendapat haid atau datang bulan, saat haid atau menstruasi terjadi biasanya seorang wanita akan mengalami perubahan mood. Namun hal itu adalah sesuatu yang wajar saja. Selain itu anda juga harus tahu bagaimana cara memakai pembalut yang baik dan benar. Agar tidak muncul iritasi, jamur, atau bakteri di area vagina.

Ketika haid datang, apakah anda sudah menggunakan pembalut dengan benar? Atau sudahkah anda membersihkan organ intim anda dengan benar? Oleh sebab itu sepanjang atau setebal apapun pembalut yang anda gunakan, anda harus mengganti pembalut dengan teratur ketika sedang haid. Karena pembalut yang tidak diganti dalam waktu lama, dapat menimbulkan bau atau infeksi.

Berapa Kali Harus Mengganti Pembalut Saat Haid

Pembalut adalah benda yang digunakan ketika anda sedang haid, karena benda tersebut akan menampung atau menyerap haid dengan baik pada darah yang keluar dari vagina. Karena aliran darah yang keluar dari vagina pada setiap wanita berbeda-beda. Sehingga hal itu dapat memengaruhi pemilihan pembalut yang digunakan setiap wanita.

Ketika aliran darah pada vagina mengalir terlalu banyak, tentu anda harus mengganti pembalut sesering mungkin. Agar pembalut tersebut dapat menampung darah di vagina dengan baik, dan tidak menimbulkan kebocoran. Waktu yang disarankan untuk mengganti pembalut ini ketika aliran darah sedang deras, adalah sekitar 4-6 jam sekali.

Cara Membersihkan Vagina Ketika Haid

Bukan hanya mengganti pembalut dengan teratur saja, tetapi anda juga harus membersihkan vagina dengan tepat. Anda hanya perlu membersihkan area vagina dengan sabun polos dan air saja ketika mandi, setidaknya anda harus membersihkan area vagina khusus lebih dari 1 kali saat sedang menstruasi.

Disarankan untuk tidak menggunakan sabun yang mengandung wewangian, karena membersihkan vagina dengan menggunakan air hangat saja sudah cukup. Bahkan anda juga tidak usah menggunakan sabun antiseptik, biarkan saja vagina bersih dengan menggunakan air secara alami. Bersihkan seluruh area vagina dengan tepat, dan pastikan anda sudah membersihkan seluruh bagiannya.

Agar tidak muncul infeksi, bakteri ataupun jamur di sekitar area vagina tersebut.