Lakukan 6 Cara Ini untuk Pencegahan Demam Berdarah di Rumah

By | 22 Juli 2019

Demam berdarah merupakan salah satu jenis menular yang disebabkan karena gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Penyakit DBDB yang tidak ditangani sesegera mungkin dapat menyebabkan pendarahan yang berbahaya. Bahkan dalam kasus yang lebih parah DBD dapat berujung kematian. Nah berikut beberapa cara mudah pencegahan demam berdarah di rumah,

Kuras Bak Mandi Satu Minggu Sekali

Nyamuk betina biasanya akan bertelur pada dinding bak mandi yang nantinya akan menetas dan mendapat makanan dari mikroorganisme yang ada di sekitarnya. Seiring berjalannya waktu larva ini akan berkembang menjadi nyamuk dewasa dan kurun waktu 8-10 hari dalam suhu ruang. Rutin menguras bak mandi mampu memutus siklus hidup nyamuk Aedes Aegypti.

Bersihkan Wadah Penampung Air

Jangan hanya berhenti sampai di kamar mandi saja, Anda juga perlu membersihkan dan menguras semua wadan penampungan air yang ada di dalam rumah. Baik itu berbagai peralatan rumah tangga seperti kaleng baskom, vas, emper, pol bunga, dan lain sebagainya. Sebab peralatan semacam inilah yang menjadi sarang bagi nyamuk jika tidak rajin dibersihkan.

Untuk mencegah penyakit demam berdarah, pastikan Anda menguras peralatan tersebut paling tidak dua kali dalam satu minggu. Cara tersebut sangat efektif untuk mencegah demam berdarah di dalam rumah. Selain itu, pastikan Anda juga menutup rapat wadah dan buang wadah yang sudah tak terpakai yang kemungkinan besar dapat menjadi sarang nyamuk.

Pasang Kasa dan Kain Kelambu

Untuk mencegah penyakit demam berdarah di rumah, Anda juga bisa memasang kasa dan kelambu di setiap ventilasi dan jendela rumah. Hal ini bertujuan untuk menghalau nyamuk dari luar masuk ke dalam hunian Anda. Selain itu, sangat penting juga bagi Anda untuk memasang kelambu mengelilingi ranjang.

Jangan Menjemur dan Menumpuk Baju Terlalu Lama

Kebiasaan menunda melipat cucian dan membiarkan menumpuk begitu saja dalam jangka waktu yang lama wajib Anda hindari. Pasalnya kebiasaan yang satu ini dapat menjadi tempat favorit untuk nyamuk bersarang. Mengapa bisa demikian? Hal ini disebabkan karena nyamuk menyukai bau tubuh manusia.

Gunakan Lotion Anti Nyamuk

Tak ada salahnya melindungi diri sendiri dengan menggunakan lotion anti nyamuk ketika hendak pergi keluar rumah. Selain itu, pastikan Anda pilih lotion anti nyamuk dengan kandungan ekstra lavender, serai, lemon, geranium, balm, atau papermint. Pasalnya aroma bahan-bahan tersebut dipercaya sangat tidak disukai oleh nyamuk.

Selain itu jangan lupa ikuti petunjuk pemakaian yang tertera pada label kemasan. Selain itu pastikan Anda oleskan lotion anti nyamuk tersebut ke seluruh anggota tubuh, terlebih lagi tubuh yang tidak tertutup pakaian. Tak hanya itu saja, sangat penting juga bagi Anda untuk menggunakan lotion anti nyamuk meski sedang berada di dalam rumah.

Gunakan Pakaian Tertutup Saat Keluar Rumah

Agar Anda lebih rentan terhadap gigitan nyamuk terlebih lagi di malam hari, pastikan untuk selalu menggunakan pakaian panjang yang menutupi kulit. Baik saat Anda sedang berada di dalam rumah maupun hendak keluar rumah saat malam hari.

Selain itu, agar upaya pencegahan penyakit demam berdarah dapat lebih efektif, pastikan Anda semprotkan terlebih dahulu obat permethrin pada celana atau rok yang akan digunakan, sepatu, hingga pakaian. Sebenarnya apa sih permethrin itu? Permethrin merupakan obat yang mampu melumpuhkan dan membunuh tungau bahkan nyamuk.

Mengingat demam berdarah merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup berbahaya, tentunya sangat penting bagi Anda untuk melakukan upaya pencegahan demam berdarah agar tak terserang penyakit yang satu ini. Nah di atas merupakan beberapa upaya pencegahan yang bisa Anda lakukan.