Menu Makanan Ibu Hamil Bernutrisi Selama Masa Kehamilan

By | 5 September 2019

Sangat penting bagi ibu hamil untuk mengonsumsi makanan bergizi. Terpenuhinya nutrisi sesuai porsi selama kehamilan akan mengoptimalkan kesehatan ibu dan tumbuh kembang janin. Menu makanan ibu hamil harus memenuhi kebutuhan dan dikonsumsi tepat waktu. Untuk mengoptimalkan asupan gizi, inilah rekomendasi menu makanan sehat tiap trimester kehamilan.

Menu Makanan Selama Trimester Pertama

Kehamilan merupakan masa penantian buah hati yang harus senantiasa dijaga. Segala hal yang dikonsumsi harus diperhatikan kebersihan dan kandungan nutrisinya. Pada trimester pertama kehamilan, yaitu bulan pertama sampai ketiga, kamu perlu lebih berhati-hati karena kandungan masih rawan. Agar janin tetap sehat, konsumsilah makanan yang mendukung pertumbuhan janin.

Menu makanan ibu hamil setiap hari yang dianjurkan saat trimester pertama adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, serat, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Berbagai nutrisi ini juga mendukung kesehatan ibu karena energi terpenuhi sesuai porsi.

Pada fase terpenting ini, ibu hamil bisa mengonsumsi sayuran hijau, kacang-kacangan, buah, susu, produk olahan susu, lauk mengandung protein (ikan, telur, daging), nasi. Pengoptimalan konsumsi protein dan vitamin sangat penting sebagai zat pembangun untuk pembentukan organ janin yang mulai terbentuk di trimester pertama. Sistem imun ibu dan janin juga akan meningkat. 

Menu Makanan Sehat Selama Trimester Kedua

Sama seperti saat trimester pertama, menu makanan ibu hamil trimester 2 juga harus diperhatikan. Terdapat anjuran menu makanan khusus untuk trimester kedua yang mempersiapkan perkembangan janin yang semakin pesat.

Pada fase ini, hampir semua organ tubuh janin sudah terbentuk. Syaraf dan ototnya juga sudah mulai berfungsi. Untuk itu, dibutuhkan asupan nutrisi yang mampu mengoptimalkan perkembangan kemampuan koordinasi organ, saraf, dan otot. Beberapa nutrisi yang harus dipenuhi adalah asam folat, asam lemak omega-3, kalsium, zat besi, dan seng.

Artikel lain,  Daftar Menu Makanan Ibu Hamil untuk 3 Trimester

Pemenuhan kebutuhan asam folat untuk mengurangi risiko bayi lahir cacat. Setiap harinya, kamu harus mengonsumsi sebesar 600 mikrogram asam folat yang diperoleh dari sayuran hijau, ikan, keran, ayam, jeruk, dan kacang-kacangan. Kalsium yang berperan membentuk tulang dan gigi harus dipenuhi dari makanan susu, keju, sayuran hijau, yoghurt, ikan bertulang, kacang, dan telur.

Asam lemak yang mampu meningkatkan perkembangan otak dan syaraf juga harus dipenuhi. Salmon, tuna, telur, sarden, dan minyak walnut adalah makanan yang bisa dikonsumsi. Zat besi yang terdapat pada sayuran hijau, kuning telur, daging merah, dan kacang-kacangan juga harus terpenuhi untuk mengoptimalkan pembentukan sel darah merah.

Pada trimester kedua, sangat dibutuhkan zat seng yang berfungsi untuk menurunkan risiko bayi lahir cacat atau prematur. Nutrisi ini dapat dipenuhi dari sayuran hijau, daging merah, seafood, dan kacang-kacangan.

Daftar Menu Selama Trimester Ketiga

Memasuki fase trimester ketiga, ibu hamil sangat memerlukan serat, protein, vitamin C, vitamin K, dan vitamin B1. Kebutuhan kalori juga harus dipenuhi dengan baik agar kesehatan ibu dan janin tetap optimal. kamu perlu tambahan 200 kalori setiap harinya pada masa trimester ketiga ini, mengingat ukuran janin yang semakin besar.

Menu makanan ibu hamil trimester 1 2 3 memang harus diperhatikan secara khusus, termasuk trimester ketiga agar bayi bisa lahir normal, sehat, dan tidak kurang suatu apapun. Buah dan sayur bisa memenuhi asupan vitamin C dan zat besi. Memperbanyak konsumsi air putih juga mencegah sembelit. Kacang-kacangan akan mencukupi kebutuhan vitamin, protein, dan asam lemak omega 3.

Telur juga sangat direkomendasikan karena mengandung protein dan kolin. Pepaya matang juga dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan potasium, folat, dan serat. Susu ibu hamil ini juga harus dikonsumsi selama masa kehamilan. Mengonsumsi green smoothies juga sangat praktis menambah kandungan serat, kalsium, magnesium, vitamin B6, dan kalium.

Artikel lain,  5 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat Tanpa Efek Samping

Sudah seharusnya ibu hamil memperhatikan asupan makanan selama masa kehamilan. Tumbuh kembang janin akan optimal melalui pemenuhan nutrisi seperti yang dianjurkan di atas. Menu makanan ibu hamil tersebut tak boleh terlewatkan. Usahakan juga mengonsumsi camilan sehat jika ingin kesehatan terjamin. Hindari juga mengonsumsi kafein dan paparan asap rokok.