3 Cara Ampuh Menghindari Bau Badan yang Mengganggu

By | 4 Oktober 2019

Memiliki bau badan yang tidak sedap saat menjalankan rutinitas sehari-hari tentu saja akan mengganggu aktifitas kita karena akan mengurangi rasa nyaman dan rasa percaya diri. Bukan hanya itu bahkan bau badan tersebut akan mengganggu orang lain juga terutama mereka yang ada di sekitar Anda. Oleh karena itu sudah sepatutnya kita menjaga kebersihan diri kita untuk menghindari bau badan yang mengganggu tersebut.

Menjaga kebersihan diri dengan cara seperti rutin mandi dua kali sehari merupakan cara yang cukup manjur untuk menghindari bau badan. Namun bagi mereka yang mudah berkeringat ataupun memiliki gangguan kesehatan berupa keringat berlebih (hiperhidrosis) mungkin dibutuhkan cara-cara lainnya untuk menimimalkan resiko bau badan yang mungkin terjadi. Seperti yang kita ketahui bahwa keringat dapat dikatakan sebagai faktor utama penyebab bau badan. Di dalam tubuh kita sendiri ada dua jenis kelenjar keringat yaitu kelenjar ekrin dan kelenjar aprokin. Kelenjar ekrin sebenarnya tidak menghasilkan bau karena hasil keluarannya hanya berupa air. Berbeda dengan kelenjar aprokin yang menghasilkan lemak yang jika terkontaminasi dengan bakteri dapat menghasilkan bau badan yang kurang sedap. Kelenjar ini terdapat pada bagian lipatan-lipatan tubuh seperti ketiak maka tidak heran bagian-bagian tersebut menjadi tempat utama timbulnya bau badan yang mengganggu.

Selain menjaga kebersihan diri ada beberapa cara ampuh yang dapat kita lakukan untuk menghindari bau badan yang mengganggu mulai dari yang alami hingga yang yang modern. Berikut merupakan ulasan cara mengatasi bau badan :

1. Memakai Deodoran

Dengan menggunakan deodoran akan membuat ketiak kita terasa lebih kering dari keringat sehingga mengurangi resiko timbulnya bakteri penyebab bau badan. Di dalam deodoran juga terdapat kandungan asam yang dapat menghambat adanya reaksi antara keringat dan bakteri pada ketiak kita. Saat ini telah ada berbagai merek deodoran berkualitas yang ada di pasaran. Namun sebenarnya Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk dijadikan deodoran yang cukup ampuh. Beberapa bahan tersebut antara lain adalah daun sirih, bawang putih, cuka, dan mentimun. Untuk cara penggunaannya sendiri juga cukup mudah yaitu dengan menghaluskan bahan tersebut kemudian dioleskan ke ketiak kita sebagai masker.

2. Menghindari Makanan Penyebab Bau Badan

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat kita mengkonsumsi makanan tertentu juga dapat membuat timbulnya bau badan yang mengganggu. Bawang-bawangan, makanan pedas, dan alkohol merupakan beberapa diantaranya. Selain itu makanan cepat saji jika terlalu sering dikonsumsi juga dapat meningkatkan resiko bau badan karena banyaknya kandungan lemak di dalamnya. Bahkan kebiasaan kurang sehat seperti merokok pun juga akan membuat keringat kita memiliki bau yang tidak sedap seperti bau asap rokok.

3. Mengkonsumsi Makanan Penghindar Bau Badan

Ternyata makanan juga dapat digunakan untuk menghindari bau badan. Cara pemakaiannya pun juga sangat mudah karena cukup dikonsumsi atau dijadikan bahan olahan yang lezat. Bahan makanan yang sudah sangat terkenal dapat mengusir bau badan adalah kemangi dan jahe. Daun kemangi memiliki kandungan minyak astiri yang cukup tinggi yang dipercaya dapat menghindari timbulnya bau badan. Cara mengonsumsinya juga cukup mudah yaitu dengan diijadikan lalapan untuk makanan. Sedangkan jahe dikenal dengan kandungan gingerol dan juga minyak astirinya seperti kemangi. Untuk cara mengonsumsinya dapat dengan cara dijadikan minuman tradisional wedhang jahe atau dijadikan rempah dalam masakan yang Anda buat.

Selain dengan menjaga kebersihan tubuh  dan melakukan tiga cara diatas kita juga harus menjaga kebersihan dan memperhatikan jenis pakaian yang kita pakai. Pakaian yang kotor merupakan sarang favorit bagi bakteri penyebab bau badan itu sendiri.