Prospek Kerja Untuk Alumni Sosiologi, Mana Yang Mau Dipilih?!

By | 25 November 2019

Bagi yang tertarik dengan dunia sosial atau yang berhubungan dengan masyarakat sosial, jurusan Sosiologi merupakan jurusan yang tepat untuk dipilih. Jurusan yang satu ini memiliki cakupan topik yang beragam, mulai dari pengembangan institusi sampai pada interpretasi sikap kebudayaan. Jika kamu memilih kelas karyawan di jurusan sosiologi, ada banyak prospek kerja menarik yang menanti setelah lulus nanti di antaranya:

Advice Worker

Profesi satu ini bertugas menyediakan saran serta informasi rahasia untuk klien, perihal berbagai permasalahan yang diajukan. Namun beberapa Advice Worker juga bertindak sebagai penasehat umum, mencakup berbagai topik hukum serta keuangan (diantaranya perihal uang, pekerjaan, perumahan, pendidikan, maupun kesejahteraan).

Sebagian lainnya juga mengkhususkan diri dalam beberapa topik saja, serta menawarkan saran ahli untuk klien. Untuk pemberian saran dan informasi sendiri, bisa melalui telepon, email, maupun layanan face to face. Profesi satu ini bisa ditempatkan pada berbagai jenis lembaga, mulai dari pusat komunitas sosial, pengadilan, rumah sakit, penjara, maupun berbagai pusat Informasi khusus.

Konselor

Alumni kuliah kelas karyawan jurusan sosiologi bisa menjadi konselor. Konselor merupakan orang yang bertugas untuk membantu orang lain untuk mengeksplorasi, yakni eksplorasi perihal perasaan serta emosi yang sering berhubungan dengan pengalamannya.

Profesi satu ini membantu kliennya untuk merefleksikan pengalaman hidup, juga membantu klien untuk mempertimbangkan berbagai cara alternatif guna melakukan sesuatu. Orang yang berprofesi sebagai konselor harus memiliki rasa hormat, empati, dan meluangkan waktu yang cukup, tentunya untuk mendengarkan berbagai permasalahan yang diutarakan.

Peneliti sosial

profesi ini memiliki tugas untuk merencanakan, merancang, serta mengelola berbagai proyek penelitian sosial. Biasanya orang yang berprofesi sebagai peneliti sosial akan menggunakan berbagai paket perangkat lunak komputer, tujuannya untuk mengumpulkan, menganalisa, serta mengatur informasi atau data yang didapatkan. Informasi serta data yang didapatkan nantinya akan diberikan kepada klien, baik itu dalam bentuk laporan tertulis maupun presentasi by lisan.

Untuk metode nya sendiri dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari wawancara hingga kuesioner. Untuk topiknya sendiri bisa berpusat pada beberapa hal, seperti struktur penduduk atau migrasi, gender, transportasi, tingkat kejahatan, pengangguran, pelayanan sosial, kesehatan, lingkungan, dan pendidikan.

Pegawai di instansi pemerintahan

Ada banyak jenis profesi untuk alumni kelas karyawan jurusan sosiologi di instansi pemerintahan, mulai dari Depsos, menko kesra dan taskin, Bappenas atau Bappeda, MenNeg pemberdayaan perempuan, depdiknas, ataupun lainnya.

Untuk bekerja di instansi pemerintahan, bukan nanya harus memiliki nilai akademis yang baik namun berbagai keterampilan praktis serta pengalaman kerja sangat dibutuhkan. Untuk mendapatkan kenaikan posisi karir, biasanya diperlukan kualifikasi gelar pascasarjana untuk mendapatkannya.

Human resources officer

Profesi yang satu ini memiliki tugas untuk mengembangkan serta melaksanakan berbagai kebijakan yang berhubungan dengan penggunaan efektif. Penggunaan yang dimaksud adalah penggunaan antara sumber daya manusia di dalam sebuah perusahaan.

Tujuannya tidak lain adalah untuk memastikan bahwa perusahaan telah mempekerjakan karyawan dengan keseimbangan yang tepat, baik itu dari segi keterampilan maupun pengalaman yang dimiliki. Bagian ini juga melakukan pengembangan kesempatan untuk karyawan guna meningkatkan kinerja, tentunya untuk mencapai tujuan bisnis perusahaan.

Jika disimpulkan, bagian human resources officer kaitannya dengan urusan praktek kerja karyawan, pembayaran, rekrutmen, negosiasi dengan perusahaan eksternal, kondisi kerja, serta kesetaraan hak karyawan.

Housing Manager

Profesi untuk mahasiswa kuliah kelas karyawan jurusan sosiologi salah satunya sebagai Housing Manager. Profesi ini memiliki tugas untuk melakukan pengelolaan perumahan dan juga jasa, seperti misalnya asosiasi perumahan, atau pemerintah daerah, dan penyedia akomodasi lainnya. Berbagai pekerjaannya sendiri seperti menjaga kontak teratur dengan pihak penyewa, berurusan dengan perbaikan maupun masalah gangguan tetangga, dan juga menjaga pendapatan sewa.

Provinsi satu ini bisa bekerja dengan klien tertentu, misalkan tunawisma atau kelompok minoritas lainnya (termasuk orang cacat). Profesi ini bekerja sesuai dengan peraturan yang ketat dan berlaku, basisnya sendiri biasanya berada di kantor pusat maupun kantor perumahan lingkungan lokal.

Selain beberapa profesi di atas, alumni kelas karyawan jurusan Sosiologi juga memiliki peluang besar untuk menggali profesi lainnya seperti community development worker, pekerja Sosial, pengajar, dosen, maupun lainnya asalkan syarat dan ketentuan dipenuhi.