Cara Menggunakan Foundation Untuk Kulit Berminyak

By | 30 Juni 2020

Selamat datang di tulisan terbaru dari Faydi Blog, setelah membahas primer wajah, sekarang kita akan membahas tentang lapisan makeup berikutnya, khususnya foundation untuk kulit berminyak.

Apa itu foundation?

Foundation adalah riasan cair atau bedak yang digunakan pada wajah untuk meratakan warna pada kulit, menutupi kekurangan, dan bahkan untuk mengubah warna kulit yang asli.

Foundation untuk kulit berminyak

Kalo kamu memiliki kulit agak berminyak, pasti kesulitan mencari foundation yang pas dan tahan lama di wajah. Jadi kamu harus hati-hati dalam pengaplikasian foundation agar hasilnya bebas kilap dan riasanmu tidak gagal. Karena minyak berlebih pada wajah dapat membuat hasil riasanmu menjadi lebih cepat pecah dan luntur.

Cara penggunaan Foundation untuk kulit berminyak

  1. Menggunakan es batu ke wajah sebelum penggunaan primer

Usapkan es batu ke seluruh wajah agar pori-pori kulit menjadi kencang serta mempengaruhi kelenjar sebum untuk mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Hal ini membuat foundation mudah menempel, lebih awet, dan bebas luntur.

  1. Teratur melakukan deep cleansing

Dengan deep cleansing yang teratur, bisa membuat foundation lebih awet menempel di wajah yang berminyak. Proses dari deep cleansing ini membersihkan kotoran di wajah hingga ke lapisan kulit terbawah. Gunakan exfoliating toner sebelum anda menggunakan foundation. Tapi pastikan pakai juga hydrating toner agar wajahmu terasa lebih lembab dan tidak kekeringan.

  1. Pakai Mattifying foundation

Hindari memakai foundation yang hasil akhirnya membuat kulit menjadi berwarna satin, shimery, atau efek lain yang membuat warna menjadi berkilau. Karena hasilnya membuat kulitmu jadi terlalu mengkilap.

Pilihlah foundation berjenis matte, yang juga memiliki kandungan untuk melembabkan kulit agar tekstur foundation tidak mudah pecah.

Untuk foundationn, gunakan yang hasil akhirnya medium full-coverage untuk membantu meratakan warna kulit, terutama jika diwajahmu terdapat bekas jerawat dan noda hitam.

Perhatikan juga dalam pemilihan warna fondation, pastikan anda menerapkan foundation di cahaya yang yang terang, agar hasil akhirnya bagus.

Cobalah 3 warna sekaligus, dan terapkan di leher untuk memilih warna foundation yang tepat untuk wajahmu. Dengan warna yang tepat, hasil makeup mu akan optimal dan tidak kelihatan menggunakan topeng.

Pastikan juga memilih produk foundation yang bagus, contohnya L’Oréal Paris Infallible Pro-Matte Foundation dalam shade warna Fresh Beige (No. 107) dan Crème Café (No. 110) adalah pilihan yang sempurna.

Foundation ini bisa bertahan selama 24 jam, memiliki medium full-coverage yang bisa menahan minyak serta bisa menutupi noda-noda di wajah.

  1. Pakailah bedak tabur

Jangan gunakan bedak yang memiliki efek highlighting, pakailah edak bertekstus tabur, atau loose powder yang dapat menyerap keringat.

  1. Gunakan setting spray

Setelah selesai menggunakan bedak tabur, sebaiknya gunakan setting spray agar foundation tetap di kulit. Untuk setting spray, pilih yang jenisnya matte untuk hasil terbaik.

Gimana nih sis? Siap untuk bereksperimen menerapkan foundation di wajahmu yang berminyak? Coba tuliskan pengalamanmu dalam menggunakan lapisan base ini dalam riasan.

Sekian tulisan kali ini, semoga bermanfaat, dan pastikan membagikannya ke sosial media.